Gunakanlah Sabun Wajah Yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat




kitasehat92.blogspot.co.id/Gunakanlah Sabun Wajah Yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat


Busu - Penggunaan  sabun wajah banyak  mengganggap hal  yang sepele. Bahkan ada  yang menggunakan sabun yang  semestinya tidak ia  gunakan untuk wajah.  Memilih sabun untuk wajah tidak boleh sembarangan. Sebaiknya sesuaiakan dengan jenis kulit , khususnay jika anda sedang berjerawat.


Sabun wajah sering dianggap sebagai hal yang sepele. Bahkan sebagian orang menggunakan sabun yang seharusnya digunakan di badan untuk wajah. Padahal memilih sabun wajah tidak boleh sembarangan. Sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit –khususnya jika Anda sedang berjerawat.

Jika anda sedang berjerawat,  harus memilih sabun wajah khusus,  mengapa ?

Menggunakan sabun wajah yang cocok untuk kulit berjerawat dapat membantu menyingkirkan bakteri penyumbat kelenjar minyak di kulit  penyebab jerawat. Dengan diikuti pembersihan yang baik dalam hal memilih sabun wajah akan mengikis lapisan sel kulit mati. Yang dapat membuat oibat jerawat  yang dioleskan dapat terserap denagn lebih baik. 

Baca Juga :  


Wajib Baca! 7 Kebiasaan ini Akan Membuat Kulitmu Lebih Terawat

Khasiat Putih Telur untuk Kesehatan dan Kulit



Penggunaan sabun dengan tekstur yang kasar dapat mengikis lapisan alami kulit. Kulit yang digosok dengan sabun berjenis kasar juga dapat membuat kulit menjadi kemerahan, iritasi serta membuat jerawat semakin gawat.

Beberapa  panduan berikut ini  bisa digunakan dalam memilih sabun wajah:

1. Tidak abrasif, lembut, dan bebas alcohol.

2. Jika Anda sedang dalam perawatan, tanyakan pada dokter jenis sabun wajah yang sesuai.

3. Pilihlah sabun wajah dengan kandungan asam salisilat, sodium sulfacetamide atau benzoyl peroksida yang dapat membantu mengurangi jerawat.

4. Untuk menjaga kelembapan kulit, pilihlah sabun wajah yang mengandung emolien –seperti petrolatum, lanolin, mineral dan ceramide– atau humektan –seperti; gliserin.

Dalam  memilih sabun wajah yang tepat, lakukan juga hal-hal berikut ini:

1.      Setelah mencuci muka, gunakan toner untuk mengembalikan keseimbangan pH alami kulit.
2.      Lakukan eksfoliasi reguler untuk menyingkirkan sel kulit mati.
3.      Gunakan pelembap berlabel non-komedogenik agar tidak terjadi sumbatan pada pori-pori. Pelembap dapat mencegah kulit Anda dari dehidrasi.

Jika keluhan masih juga belum teratasi, maka segeralah mengunjungi dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut. 

sumber referensi :

dr. Nadia Octavia Redaksi Medis Kedokteran Umum . KlikDokter.com


1 Response to "Gunakanlah Sabun Wajah Yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat "

Thank you for your comments